Inovasi dan Penemuan
INOVASI / INNOVATION
Apa yang dimaksud dengan inovasi? Pengertian Inovasi adalah suatu proses dan/ atau hasil pengembangan pemanfaatan suatu produk/ sumber daya yang telah ada sebelumnya, sehingga memiliki nilai yang lebih berarti.
Pada dasarnya manfaat inovasi adalah untuk menyempurnakan atau meningkatkan fungsi dari pemanfaatan suatu produk atau sumber daya sehingga manusia mendapatkan manfaat yang lebih. Inovasi terjadi di berbagai bidang kehidupan, mulai dari dunia bisnis, pendidikan, komunikasi, dan lain sebagainya.Menurut Everett M. Rogers, pengertian inovasi adalah suatu ide, gagasan, ojek, dan praktik yang dilandasi dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau pun kelompok tertentu untuk diaplikasikan atau pun diadopsi.
Kuniyoshi Urabe
Menurut Kuniyoshi Urabe, pengertian inovasi adalah segala hal yang
dihasilkan melalui suatu proses yang panjang dan kumulatif, meliputi banyak
proses pengambilan keputusan, mulai dari penemuan gagasan hingga ke
implementasian nya di pasar.
Van de Ven, Andrew H.
Menurut Van de Ven, Andrew H., definisi inovasi adalah
pengembangan dan implementasi gagasan-gagasan baru oleh orang dalam jangka
waktu tertentu yang dilakukan dengan berbagai aktivitas transaksi di dalam
tatanan organisasi tertentu.
Everett M. Rogers
Menurut Everett M. Rogers,
pengertian inovasi adalah suatu ide, gagasan, ojek, dan praktik yang dilandasi
dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau pun kelompok
tertentu untuk diaplikasikan atau pun diadopsi.
Pada tahun 1962 Everett
Rogers menulis sebuah buku yang berjudul “ Diffusion of Innovations “ yang
selanjutnya buku ini menjadi landasan pemahaman tentang inovasi, mengapa orang
mengadopsi inovasi, faktor-faktor sosial apa yang mendukung adopsi inovasi, dan
bagaimana inovasi tersebut berproses di antara masyarakat.
Menurut Rogers, definisi
difusi sebagai proses di mana suatu inovasi dikomunikasikan melalui saluran
tertentu dalam jangka waktu tertentu di anatar para anggota suatu sistem sosial
(The Process by Which an innovation is Communicated Through Certain Channels
Overtime Among The Members Of a Social System). Difusi adalah suatu jenis
khusus komunikasi yang berkaitan dengan penyebaran pesan-pesan sebagai ide
baru. Sedangkan Komunikasi didefinisikan sebagai proses di mana para pelakunya
menciptakan informasi dan saling pertukaran informasi tersebut untuk mencapai
pengertian bersama. Di dalam isi pesan itu terdapat ketermasaan (Newness) yang
memberikan kepada difusi ciri khusus yang menyangkut ketidakpastian
(Uncertainty). Ketidakpastian adalah suatu derajat di mana sejumlah alternatif
dirasakannya berkaitan dengan suatu peristiwa beserta kemungkinan-kemungkinan
pada alternatif tersebut. Derajat ketidakpastian oleh seseorang akan dapat
dikurangi dengan jalan memperoleh informasi.
Rogers menyatakan bahwa inovasi adalah
idea, practice, or object perceived as new by the individual.” (suatu gagasan,
praktek, atau benda yang dianggap/dirasa baru oleh individu). Dengan definisi
ini maka kata perceived menjadi kata yang penting karena pada mungkin suatu
ide, praktek atau benda akan dianggap sebagai inovasi bagi sebagian orang
tetapi bagi sebagian lainnya tidak, tergantung apa yang dirasakan oleh individu
terhadap ide, praktek atau benda tersebut.
Sesuai
dengan pemikiran Rogers, dalam proses difusi inovasi terdapat 4 (empat) elemen
pokok, yaitu:
a) Inovasi; gagasan, tindakan, atau barang yang dianggap baru oleh seseorang.
Dalam hal ini, kebaruan inovasi diukur secara subjektif menurut pandangan
individu yang menerimanya. Jika suatu ide dianggap baru oleh seseorang maka ia
adalah inovasi untuk orang itu. Konsep ’baru’ dalam ide yang inovatif tidak
harus baru sama sekali.
b) Saluran komunikasi; ’alat’ untuk menyampaikan pesan-pesan inovasi dari
sumber kepada penerima. Dalam memilih saluran komunikasi, sumber paling
tidakperlu memperhatikan tujuan diadakannya komunikasi
dan karakteristik penerima. Jika komunikasi dimaksudkan untuk
memperkenalkan suatu inovasi kepada khalayak yang banyak dan tersebar luas,
maka saluran komunikasi yang lebih tepat, cepat dan efisien, adalah media
massa. Tetapi jika komunikasi dimaksudkan untuk mengubah sikap atau perilaku
penerima secara personal, maka saluran komunikasi yang paling tepat adalah
saluran interpersonal.
c) Jangka waktu; proses keputusan inovasi, dari mulai seseorang mengetahui
sampai memutuskan untuk menerima atau menolaknya, dan pengukuhan terhadap keputusan
itu sangat berkaitan dengan dimensi waktu. Paling tidak dimensi waktu terlihat
dalam
proses
pengambilan keputusan inovasi
keinovatifan
seseorang: relatif lebih awal atau lebih lambat dalammenerima inovasi, dan
kecepatan
pengadopsian inovasi dalam sistem sosial.
d)
Sistem sosial; kumpulan unit yang berbeda secara fungsional dan terikat dalam
kerjasama untuk memecahkan masalah dalam rangka mencapai tujuan bersama
A.Tahapan - Tahapan dalam Adopsi Inovasi
Ada
5 Tahapan dalam proses adopsi Invasi, yakni
1. Tahap Munculnya Pengetahuan (Knowledge), yaitu ketika
seorang individu (atau unit pengambil keputusan lainnya) diarahkan untuk
memahami eksistensi dan keuntungan/manfaat dan bagaimana suatu inovasi
berfungsi.
2. Tahap Persuasi (Persuasion), yaitu ketika seorang
individu (atau unit pengambil keputusan lainnya) membentuk sikap baik atau
tidak baik
3. Tahap Keputusan (Decisions), yaitu ketika muncul
ketika seorang individu atau unit pengambil keputusan lainnya terlibat dalam
aktivitas yang mengarah pada pemilihan adopsi atau penolakan sebuah inovasi
4. Tahapan Implementasi (Implementation),yaitu ketika
sorang individu atau unit pengambil keputusan lainnya menetapkan penggunaan
suatu inovasi.
5. Tahapan Konfirmasi (Confirmation),yaitu ketika seorang
individu atau unit pengambil keputusan lainnya mencari penguatan terhadap
keputusan penerimaan atau penolakan inovasi yang sudah dibuat sebelumnya.
PENEMUAN / INVENTION
Selanjutnya apa yang dimaksud dengan invention atau penemuan ?
Mungkin dari sebagian besar masyarakat, kata invention
masih kurang familiar. Hal itu wajar karena memang kata invention jarang
digunakan dalam masyarakat pada umumnya.
Sebelum menyimpulkan arti kata invention, berikut
adalah suatu ilustrasi. “Karena kesuksesan Pak Komar sebagai penjual kripik
singkong, Pak Waris ingin mencoba menciptakan suatu makanan ringan yang belum
ada sebelumnya. Ia terus mencoba dan berusaha. Ahirnya dengan keuletannya itu,
Pak Waris berhasil menciptakan kripik dengan berbahan dasar Talas. Karena
kripik tersebut baru dan belum pernah ada sebelumnya, ternyata banyak juga
masyarakat yang penasaran dan ahinya membelinya. Mulai dari rasa penasarannya
itu, ternyata masyarakat menyukainya. Pak Waris pun ahirnya optimis untuk
memproduksi kripik ciptaannya itu untuk dipasarkan lebih luas lagi,”
Apabila dibandingkan dengan ilustrasi pertama,
terdapat perbedaan yaitu bahwa Pak Komar menciptakan rasa baru pada kripiknya,
sedangkan Pak Waris membuat kripik yang sebelumnya belum pernah ada. Ilustrasi
pertama merupakan inovasi, dan ilutrasi kedua lah yang dimaksud invention.
Jadi, dapat diartikan bahwa invention adalah menciptakan suatu hal yang
benar-benar baru dan belum pernah ada sebelumnya yang dapat menimbulkan pengaruh yang
bermacam-macam di dalam masyarakat.
Suatu penemuan baru (invention) dapat menyebabkan
perubahan-perubahan dalam bidang lain,
seperti: politik, agama, pendidikan, kesenian, adat istiadat, dan sebagainya. Contohnya penemuan radio, TV, dan telepon
seperti: politik, agama, pendidikan, kesenian, adat istiadat, dan sebagainya. Contohnya penemuan radio, TV, dan telepon
Komentar
Posting Komentar